Jumat, 27 Maret 2009

Hidup Berkarya, Hidup Nikmat

Komentar Kolom Bisnis 27 Maret 2009: Cari uang atau cari kerja?

Bagaimana dengan Anda? Izinkanlah saya menimbang-nimbang sebuah jawaban untuk pertanyaan di atas.

Saat ini saya berwiraswasta yaitu menjadi Penjual Sendok Makan Stainless Steel untuk kebutuhan Promosi Penjualan. Tentunya produk yang saya jual sudah termasuk keuntungan di dalamnya. Apa yang terjadi jika saya hanya ingin kerjanya saja, hanya ingin tantanganya saja?

Sulit menjawab pertanyaan di atas, namun secara jujur, saat ini saya masih bekerja untuk cari uang namun uang yang saya dapatkan dari bekerja bukanlah segalanya bagi saya. Dalam konteks ini, uang bagi saya adalah penghargaan yang saya dapat dari jerih payah dan waktu untuk dapat menghidupi keluarga yaitu untuk orang-orang yang saya kasihi.

Seorang kawan mengajarkan kepada saya: Uang itu untuk hidup, namun hidup itu bukan untuk uang. Saya sangat sependapat dengan kawan saya itu. Bagaimana jika kata uang kita ganti ‘kerja’: Kerja itu untuk hidup, namun hidup itu bukan untuk kerja. Anda setuju juga untuk pernyataan di atas?

Uang itu untuk hidup, kerja itu untuk hidup; namun hidup itu bukan hanya untuk uang maupun kerja.

Pak Ary mengatakan bahwa ada kehampaan yang mendalam saat manusia itu hidup hanya untuk materi. Sepintas timbul kalimat bijak dalam benak saya bahwa: Kehampaan itu timbul jika manusia fokus hanya pada dirinya sendiri saja.

Dalam hal ini, saya tidak sependapat dengan Pak Arvan bahwa seseorang yang bekerja untuk uang hanya berbahagia ketika uang itu didapatkan di akhir bulan. Saya yakin kebahagiaan itu menyertai orang itu selama uang yang didapatnya itu digunakan tidak hanya untuk dirinya sendiri namun juga untuk orang yang dicintainya.

Anda setuju dengan pendapat saya?

Salam Sendok Makan,
Gunardi Saputra
ym: gunardi.saputra@yahoo.com
hp: 08558827222
klik www.GunardiSaputra.com untuk Rekomendasi Saham dan
klik gl_trading.indonetwork.co.id untuk promosi dengan Sendok Makan Stainless,
promosi Anda ya Sendok Makan